Blackberry, Perlu atau Tidak?

Semua pasti tau Blackberry alias BB. Gadget yang fungsinya mirip HP, namun entah kenapa jadi trend banget. Bahkan anak umur 4 taon yang gw temui di tenda makanan pun ngerengek2 minta dibeliin BB ke bokapnya. Nah, yang akan gw bahas di posting kali ini adalah “Perlu ga sih BB?”. Apa benar BB adalah suatu gadget yang begitu hebatnya dan tak tergantikan sampai semua orang harus punya? Well, lets check it out.

BB adalah produk keluaran RIM (klo ga salah:D). Seperti layaknya HP, BB bisa dipakai untuk 3N (Nelpon, ngirim sms, dan narsis (foto-foto diri sendiri)). Yang membedakan BB dari HP adalah fitur-fitur yang disebut pushmail, Blackberry Messenger (BBM), dan Blackberry Internet Services. Mari kita teliti lebih dalam fitur-fitur tersebut.

Pushmail, adalah semacam fitur yang memungkinkan pengguna BB membaca inbox emailnya. Pushmail kira2 berfungsi seperti outlook express. Untuk para businessman yang sangat sibuk, tentu saja mereka membutuhkan ini karena biasanya koordinasi kerjaan dll dilakukan via email kantor. Tapi buat kebanyakan orang? No… Lagipula fitur ini juga sekarang ud banyak ditemuka di HP-HP. Jadi, fitur ini not so important for us, maybe important for several people.

BBM, adalah semacam instant messaging ala BBM. Fitur ini adalah fitur yang paling gw benci di BBM karena membuat pemilik BBM jadi autis. Bayangkan, gw lg maen basket tau2 salah satu temen gw keluar lapangan, maenin BBMnya sambil senyum-senyum jijay en nari tor-tor. Bagi gw pribadi, fitur ini ga jauh beda dengan SMS. Bedanya, cuman gengsinya aj. Mungkin BBM agak lebih real-time dari SMS, tapi apakah perbedaan waktu kirim-kiriman message, lets say, sebesar 10detik sampe 1menit punya pengaruh yang signifikan? No… Mungkin keuntungannya adalah BBM itu mobile. Well, benar, tapi apakah kebutuhan akan chatting itu benar2 ga bisa ditunda pas nanti kita di rumah en online pake YM ato MSN? Klo emang urgent, kan bisa telpon atau sms. Kenapa harus BBM? So, BBM, another fitur yang juga not so important.

BIS, adalah fitur yang memungkinkan pengguna buat browsing internet dari BB. First of all, fitur ini bisa digantikan laptop. Second of all, browsing dari BB klo mnurut gw kurang asoy. Sangat sulit untuk menavigasi (mungkin karena gwnya yang ndeso) dan banyak fitur kaya flash2 dll yang ga bisa dibuka. Selain itu, kebutuhan akan browing juga ga setiap saat kan? Jadi klo menurut gw, bisa digantikan dengan laptop + modem. Fitur ini not so important juga?

So? Lewat 3 paragraph di atas, gw ud mengutarakan perasaan gw terhadap BB, tetapi keputusan tetap ada di tangan kalian. Mau ikut trend dan jaga gengsi atau tetap berpegang pada fungsionalitas dan tetap ndeso kaya gw.

Stepen, warganegara yang anti-BB

Pos ini dipublikasikan di Wejangan dan tag . Tandai permalink.

9 Balasan ke Blackberry, Perlu atau Tidak?

  1. luthfi nurhakim berkata:

    suka tulisanmu, apalagi gw juga bukan pengguna BB,
    gak tau ding kalo ntar jadi pengguna BB😀

  2. nklsdynt berkata:

    gw setuju sama 3 paragraf lu pen. emang keunggulan bb cuma bbm aja. sisanya mah hape laen juga bisa

  3. nita anja berkata:

    woohoo!! sama gw jugak! ahahaha

  4. hicha berkata:

    gw ga anti sih, apalagi kalau ada yg mau ngasi gratis😛
    tapi kalau beli sendiri, hmmm… ntar dulu dah itu..😀

  5. prima berkata:

    karena sudah mengotori blog mu dalam 2 cerita (atau 3 yah mbak lupa) gak setuju pennn, pengguna BB aku, bagi yg warga negaranya gaptek, BB at least menolong kegaptekan mereka…..like me😀

  6. Ping balik: A Jobseeker Story – Part 3 | stepenautis

  7. Yo2 berkata:

    Bb cm sekedar trend dan gengsi..hanya mungkin 5% org yg bener2 membthkan/dituntut utk bergelut dg e mail atau dunia gage. Jd menurutku bb hanya sekedar keinginan bkn kebutuhan

  8. Ping balik: A Jobseeker Story – Part 3 | stepenstependotcom

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s