Tips Sincia bagi Orang Dewasa

Hari ini adalah sincia alias Chinese New Year. Hari ini adalah hari yang dinanti-nantikan seluruh anak-anak dari seluruh dunia karena di hari ini, rejeki dalam bentuk amplop merah alias angpaw dibagi-bagikan kepada mereka. Sayangnya, justru hari sincia ini adalah hari yang paling tidak dinantikan orang-orang dewasa seperti bonyok gw. Kenapa? Tentu saja karena mereka harus mengeluarkan uang demi tradisi. Untunglah bonyok gw cuman punya anak 2 dan keponakan sekitar 6 aj. Coba bayangkan satu keluarga besar dengan 20 anak kecil, brarti tiap pasangan bonyok harus nyediain 20 angpaw, maknyoslah…

Saat ini, gw adalah anak kecil yang sangat menantikan sincia, namun seiring dengan berjalannya waktu, gw akan berubah jadi orang tua yang bakal keluar banyak duid waktu sincia. Oleh karena itu, gw perlu mempersiapkan diri gw agar ketika dewasa nanti gw tau caranya mengurangi pengeluaran pas sincia dan gw dengan baik hati akan berbagi strategi gw agar bisa meminimalisir pengeluaran gara2 ngasih angpaw. Berikut strategi-strateginya:

1. Strategi Jangan menikah!

Ya, benar, mungkin ini terdengar konyol, tapi menurut undang-undang dasar persinciaan, disebutkan bahwa mereka yang wajib memberikan angpaw adalah mereka yang telah menikah dan berkeluarga. Jadi, dengan ga menikah, anda punya hak untuk tidak memberikan angpaw kepada siapapun yang memintanya. Dengan begitu, anda tidak perlu pusing nyiapin duid lebih buat ngasi angpaw.

2. Strategi Banyak anak banyak rezeki!

Yah, jika anda telah terlanjur menikah anda mau tidak mau harus mengeluarkan uang untuk memberikan angpaw, namun pengeluaran bisa dicegah dengan cara membuat anak sebanyak-banyaknya. Dengan punya anak yang banyak, maka angpaw yang diterima anak-anak kita pun banyak (karena biasanya 1 anak mendapatkan 1 angpaw, bukan satu keluarga mendapat 1 angpaw). Jadi, dengan punya anak yang banyak, angpaw yang akan diterima keluarga anda via anak-anak anda pun semakin banyak dan anda bisa menutupi (atau bahkan meraih laba) pengeluaran anda untuk memberi angpaw.

3. Strategi Acha-Acha Pahe

Mungkin nama strategi ini agak kurang lazim, tapi ini adalah strategi bagus yang bisa digunakan oleh anda-anda yang telah berkeluarga namun hidup jauh dari keluarga besar anda sendiri dan keluarga besar pasangan anda (suami/istri). Strategi acha-acha pahe dapat dijalankan dengan sanga mudah. Anda cukup mengabari keluarga besar anda bahwa anda tidak dapat hadir ke acara sincia keluarga besar anda karena tahun ini akan ke keluaraga besar suami/istri dan pasangan anda mengabari keluarga besarnya bahwa anda tidak dapat hadir ke acara sincia keluarga besarnya karena harus ke kaluarga besar anda. Sementara anda sendiri bersama kelurga harus tetap pergi, namun kemanapun selain ke acara kedua keluarga besar anda untuk menghindari kecurigaan. Dengan strategi ini, anda hanya perlu mengeluarkan angpaw untuk anak-anak anda saja.

4. Strategi Simalamakama

 Strategi keempat ini adalah strategi yang sangat gw tidak anjurkan karena berpotensi merusak nama baik anda. Lantas, apa sih strategi simalamakama? Gampan aj, anda cukup berpura-pura gila. Dengan begitu anda tidak akan dimintai angpaw. anda malah bisa saja dikirim langsung ke rumah sakit jiwa terdekat untuk dikarantina, tapi jangan kuatir, karena anda tidak gila, anda akan segera dilepaskan dan ketika anda bebas, sincia pun telah lewat dan anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk angpaw.

Yah, begitulah kira-kira strategi yang gw dapat setelah semedi semalam suntuk. Gw pribadi sangat menganjurkan strategi nomer 1 karena paling feasible, tapi keputusan ditangan anda. Anda dipersilahkan mencoba strategi-strategi ini, namun resiko ditanggung sendiri yah:D…

Pos ini dipublikasikan di Wejangan. Tandai permalink.

3 Balasan ke Tips Sincia bagi Orang Dewasa

  1. linkse berkata:

    kalo strategi biar dapet angpao walo ga sinciaan gmn Pen??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s