Kursus Perancis di CCF

Gw pribadi sangat tertarik dengan desain pesawat dan tertarik banget buat belajar di ISAE (singkatannya lupa, pokoknya ni univ tu di Prancis en ngetop di bidang aircraft design). Nah, untuk memperbesar kemungkinan gw buat sekolah di Prancis, gw pun memutuskan buat kursus bahasa perancis di CCF (singkatannya lupa, pokoknya pusat kebudayaan Prancis gitulah) Bandung. Sebenernya niat ini ud ada dari taon lalu, tapi baru kesampean skrg.

Jadi, tadi sore, gw mengikuti pertemuan pertama kursus bahasa Prancis gw di CCF. Kursus dimulai jam 18.30, kita diliatin perpusnya, trus masuk kelas. Di kelas, gw belajar bahasa-bahasa sederhana seperti nama saya siapa, umur berapa, masih single ato ga, dll. Sayangnya, umpatan-umpatan sederhana seperti kamu jelek atau kamu gendut tidak diajarkan, padahal itu penting sekali dalam memulai untuk belajar bahasa baru (dan mencari musuh baru).

Prosedur pembelajaran di kelas gw (kelas 1/1 alias kelas pemula banget) kaya sekolah2 TK pada umumnya. Sang guru menyebut sesuatu, semua anak ngulang ngucapin satu-satu sampe pengucapannya benar (walopun ga tau apa artinya, bahkan gw rasa tadi si bu guru bukannya ngajarin bahasa, tapi malah nyuruh kita muji2 dy). Klo ga bener-bener ngucapinnya, sang guru pun bertindak berdasarkan wajah anaknya. Klo cakep, paling sang guru cuman senyum aj. Klo jelek kaya gw, sang guru melemaskan mulut sang anak dengan memasukkan sepatu ke dalamnya agar pelafalannya lebih baik. Tenang saja, teknik ini aman dan sudah teruji secara klinik. Walau efek sampingnya membuat korban mabuk dan kepayang.

Pelafalan bahasa Prancis menurut gw cukup sulit dan menuntut keluwesan bibir dan lidah. Gw sudah mencobanya dan ternyata kesulitan karena mulut gw kaku dan bau. Oleh karena itu, bagi mereka yang ingin belajar bahasa Perancis, gw sarankan untuk melakukan pelemasan bibir dan mulut agar tidak cedera di tengah kursus. Ini serius! Salah satu teman gw tadi terpaksa harus dipulangkan karena bibirnya keseleo dan urat lidahnya putus. Gw juga menyarankan agar mereka yang mau belajar Perancis agar melatih bibir dan lidah mereka secara rutin, klo perlu, masukkan ke dalam menu fitness anda.

Untuk mereka yang benar-benar serius ingin belajar bahasa Prancis, berikut gw share beberapa latihan yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan keluwesan bibir dan lidah anda. Gw harap mereka yang belum terlatih untuk melakukan latihan ini agar didampingi oleh ambulance di tempat.

1. Push-up

Push-up? Apa hubungannya dengan keluwesan bibir? Tentu saja ada karena push-up ini bukan push-up biasa. Anda lakukan posisi push-up namun dengan tangan di belakang punggung. Gunakan bibir anda sebagai pengganti tangan anda dan lakukan push-up 3×10 kali sehari. Ini mungkin berat pada awalnya, tapi justru metode inilah yang paling efektif. Perlu saya ingatkan agar anda terlebih dahulu menyapu dan mengepel lantai anda sebelum melakukan latihan ini.

2. Sit-up

Ya, sit-up. Sit-uplah seperti biasa namun sambil mengeluarkan lidah (melet) anda sejauh-jauhnya dan memonyongkan bibir anda. Riset membuktikan, jika anda sit-up sambil melet dan memonyongkan bibir, otot-otot bibir dan lidah anda bolak-balik berkontraksi dan menyebabkan otot-otot tersebut menjadi fleksibel.

3. Mengunyahlah dengan lidah dan bibir.

Ya, sebagian besar manusia mengunyah dengan gigi. Namun dengan menggunakan lidah dan bibir untuk mengunyah, kita membiasakan bibir dan lidah untuk aktif bergerak sehingga lebih luwes.

Well, kira-kira sekian postingan gw tentang kursus bahasa Perancis. Semoga bermanfaat.

Pos ini dipublikasikan di Curhat, Wejangan dan tag . Tandai permalink.

4 Balasan ke Kursus Perancis di CCF

  1. linkse berkata:

    sempet2 nya lu nulis beginian, mending lu monyong2in lu mulut biar lentur!

  2. Hicha Aquino berkata:

    Tentu saja cara2 di atas 90% tidak benar

  3. prima berkata:

    *ketawa ngakak*

  4. didi berkata:

    mantabbb sekali jurus2nya….harus dicoba tuuhh!!! wkwkwkwkwkk….. *ini mah jurus2 gw pas lagi olahraga *puuyyeeengg jg masuk kls prancisss

Tinggalkan Balasan

