NorTek

Gw yakin semua orang pasti tau apa itu Gaptek. Ya! Gaptek adalah singkatan dari gagap teknologi, sejenis penyakit akut yang biasanya menyerang orang tua namun juga sering menyerang orang muda. Adapun penderita penyakit gaptek ini sangat sulit untuk menggunakan teknologi-teknologi baru yang ada saat ini (seperti Handphone, komputer, facebook, dan lain-lain) dan mereka juga sangat sulit (atau kadang tidak mau) mempelajari penggunaan teknologi. Alhasil mereka pun bergantung kepada orang lain ketika harus berurusan dengan teknologi. Adapun contoh penderita penyakit gaptek ini adalah nyokap gw, ibu saya, dan mama aku.

Ibarat Socrates yang mengatakan bahwa setiap hal adalah seperti uang logam, selalu memiliki 2 sisi yang berlawanan, gw pun berinisiatif untuk menciptakan istilah baru sebagai lawan dari GapTek: NorTek. Adapun istilah ini akan segera ngetrend di masa depan dan akan dibakukan menjadi bahasa Indonesia resmi di tahun 2015. Jadi, ga ada salahnya klo gw berbagi info di sini tentang istilah baru yang fantastis ini.

NorTek adalah singkatan dari norak teknologi. Sama seperti halnya GapTek, NorTek juga merupakan salah satu bentuk penyakit akut. Namun berbeda dengan GapTek, justru penyakit ini lebih sering menyerang anak muda, anak sangat muda, dan anak-anak. Penderita NorTek, berkebalikan dengan penderita GapTek, cenderung tahu banyak tentang teknologi dan mengagung-agungkan teknologi. Adapun sisi buruknya adalah penderita berusaha untuk selalu menggunakan teknologi terbaru yang ada, walaupun sebenarnya teknologi tersebut tidak diperlukan oleh dirinya ataupun dapat digantikan fungsinya oleh teknologi sebelumnya yang telah mereka miliki. Akibatnya, penderita NorTek cenderung selalu update dalam masalah teknologi dan cenderung selalu menggunakan gadget terbaru.

Di tengah majunya zaman ini, penderita penyakit NorTek saat ini sudah jauh lebih banyak dibandingkan dengan penderita penyakit GapTek. Survei dari www.stepenautis.wordpress.com membuktikan bahwa dari 11 orang (kenapa musti 11orang coba?), 8 adalah penderita penyakit NorTek, 3 adalah penderita GapTek (seperti saya). Akan tetapi, cukup sulit untuk mengidentifikasi penderita penyakit Nortek dan memisahkannya dari manusia normal. Nah, untuk itu, berikut gw paparkan beberapa ciri-ciri penerita penyakit NorTek:

  • Menggunakan BBM sebagai pengganti SMS. Penderita kronis NorTek sama sekali tidak mau menggunakan SMS untuk berkomunikasi dengan temannya yang tidak memiliki BB.
  • Sibuk BBM-an sementara ada teman yang bisa diajak atau sedang ngobrol dengan dirinya. Penderita kronis NorTek bahkan bisa seharian ber-BBM-an di kamarnya dan merasa bahwa doi adalah manusia yang paling social.
  • Memiliki BB dan/atau iPhone padahal sudah punya HP yang cukup canggih yang teknologinya mirip2 dengan BB/iPhone. Penderita kronis NorTek bahkan memiliki banyak gadget seperti ini dan memfungsikan satu gadget secara spesifik untuk satu hal, misalnya BB hanya untuk BBM, iPhone hanya untuk main game, telepon biasa hanya untuk SMSan, dsb
  • Memiliki iPad padahal sudah punya Netbook ataupun Laptop. Penderita kronis NorTek bahkan selalu membawa iPadnya kemana2, baik itu ketika mandi ataupun maen futsal dengan teman2nya di lapangan.
  • Selalu mempromosikan BB/iPhone/iPad/produk2 teknologi lainnya kepada teman2nya yang tidak menggunakannya. Penderita kronis NorTek bahkan bercita-cita menjadi penjualnya.
  • Menggunakan Mac/Apple, padahal bukan seorang graphic designer ataupun sejenisnya. Penderita kronis NorTek bahkan hanya menggunakan 3software di komputer Mac-nya: Microsoft Word, Safari/Firefox/IE, dan Windows Media Player Classic, sungguh ironis.
  • Punya kamera SLR yang aje gile dengan berbagai perlengkapannya, namun satu-satunya fitur yang dipaki cuman ‘Auto’. Penderita kronis NorTek bahkan tidak tahu kepanjangan dari SLR.
  • Tidak dapat dipisahkan dengan Facebook dan Twitter dan selalu saja ada cara untuk facebookan dan twitteran setiap saat, ntah lewat laptop (sendiri/milik teman) ataupun HP (sendiri/milik teman). Penderita kronis NorTek bahkan lebih memilih untuk ditak makan daripada tidak facebookan.
  • <Dan indikasi lainnya yang akan ditambah sewaktu-waktu atau atas reuest pembaca (halah, kek bakal ada yg baca aj)>

Demikianlah kira2 indikasi-indikasi yang menunjukkan bahwa seseorang adalah penderita penyakit NorTek. Jika anda/teman anda ternyata salah satu penderita NorTek, tidak perlu kuatir. Ada cara untuk menyembuhkan anda (jika anda memang ingin sembuh). Lantas bagaimana cara menyembuhkan anda2 yang terjangkit penyakit NorTek? Proses penyembuhannya cukup mudah: cukup kirimkan gadget2 canggih anda seperti BB, iPhone, iPad, CamDig, mobil, ataupun rumah ke rumah gw, lalu pergilah ke gua, dan tinggallah di sana selama 6 bulan. Dijamin anda pasti sembuh.

Well, sekian ulasan panjang gw tentang NorTek. Semoga berguna bagi para pembaca. Sekali lagi gw ingatkan bahwa jangan pernah menjauhi penderita NorTek karena mereka juga manusia seperti Rocker.:D

Pos ini dipublikasikan di Wejangan. Tandai permalink.

2 Balasan ke NorTek

  1. Hicha Aquino berkata:

    gw kira tadi ada hubungannya sama gartek..😛
    *iya tau, gw garing*

  2. inezrabz berkata:

    hahahahaha.. setuju ama loe pen [kecuali bagian terakhir yg nyuru bawa gadget2 itu ke tempat loe]. share yah biar rame😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s