Tentang Gaya Rambut

Seperti yang mungkin beberapa dari kalian tau, gw hanya punya 2 gaya rambut: botak atau berantakan (hasil rambut tumbuh tak beraturan dari botak). Yah, sejak SMP, setiap kali gw potong rambut, adapun orderan gw selalu sama: tipisin sampe tinggal 1/2 senti. Kenapa gw nge-bold kata sampe? Baca postingan gw sebelumnya tentang insiden gw di tempat potong rambut (iklan).

Klo boleh jujur, ada sejarahnya kenapa gw selalu memilih untuk mlotosin rambut gw walaupun itu bikin guru sejarah gw manggil gw pentol korek (Bagi yang ga tau apa itu pentol korek, itu adalah bagian item-item di batang korek api batang). Yeah, cerita ini berawal dari saat gw SD dan belum puber. Waktu itu adalah Nick Carter dari Backstreet Boys dengan rambut belah tengahnya yang super gaul (waktu itu). Bagi gw yang waktu itu belum puber dan kurang testoseron, Nick Carter dengan rambut belah tengahnya yang super gaul (waktu itu) adalah definisi cowok ganteng (waktu itu). Gw yang waktu itu belum puber dan tentu saja belum punya pacar pun memutuskan bahwa gw kudu ganti gaya rambut gw dari gaya mangkok dibalik menjadi gaya rambut belah tengah ala Nick Carter yang super gaul (waktu itu).

So, suatu hari, gw pun memutuskan untuk melakukan make-over total. Dari gaya rambut mangkok terbalik kaya gini:

jc_mangkok

menjadi gaya rambut belah tengah gaul kaya gini:

nc_belahtengah

So, gw pun start over dan memutuskan buat memangkas habis rambut gw. Kenapa? Karena rambut yang ud terbiasa disetel ke mode mangkok terbalik ini walaupun disisir ke mode belah tengah, bakal langsung balik lagi secara otomatis dalam waktu kurang dari kedipan mata. So, gw pun memutuskan untuk membuang rambut yang ud ga bisa disisir model laen ini dan memulai hidup baru dengan rambut baru yang masih polos dan inosen. Sayangnya, semuanya tak berjalan sesuai harapan.

Setelah dipotong cukup pendek, rambut gw langsung berubah ke mode jeprak, dimana setiap helai rambut secara otomatis berdiri tegak lurus permukaan kepala walaupun ga disisir ataupun dikasihjn gel. Satu-satunya cara untuk mengendalikan rambut jeprak ini adalah dengan make gel. So, adalah gw merengek-rengek ke mak gw pada waktu itu, minta dibeliin gel, supaya model rambut gw bisa pindah kasta. Setelah 3 minggu merengek-rengek akhirnya nyokap gw muak luluh dan ngebeliin gw gel tersebut. So, kehidupan gw dengan gel pun dimulai.

Dengan bantuan gel, gw pun berhasil mengatur rambut gw jadi mode belah tengah, walaupun itu sama sekali ga merubah peruntungan gw dalam hal wanita. Tapi itu ga bertahan lama karena make gel itu ngerepotin, bikin tangan lengket-lengket ga jelas, dan rambut jadi keras ga nyaman. So, setelah beberapa saat gw berhenti make gel dan memutuskan buat belah tengah secara natural. Adapun waktu itu, gw pun jadi rajin nyisir dan ngejepit rambut gw ke samping, biar rambut gw jadi lemes dan terbiasa dengan setelan belah tengah, bukan mangkok terbalik. Gw merana waktu itu, tapi demi rambut gaya belah tengah ala Nick Carter yang super gaul (waktu itu), gw jalanin semua itu. Gw bahkan pernah ke gereja cuman demi berdoa supaya Tuhan bikin rambut gw lemes en gampang dibelah-tengah. Namun Tuhan berkata lain.

Melihat anaknya merana, nyokap gw pun tersiksa dan menasihati gw supaya gw menghentikan kegilaan gw dan obsesi gw terhapad gaya rambut belah tengah ala Nick Carter yang super gaul (waktu itu). Satu quote dari nyokap yang waktu itu memberikan gw pencerahan adalah berikut ini: (gw tulis pake italic, biar keliatan dramatis)

Anakku, Tuhan tidak mengkaruniai kamu dengan wajah tampan, hidup mancung, mata biru, ataupun gigi yang tersusun rapih. Apapun yang kamu lakukan dengan rambutmu, tidak akan merubah kenyataan bahwa kamu jelek walaupun ga sejelek mama (suer, nyokap gw ngomong begitu), jadi yang harus kamu lakukan adalah menerima dirimu apa adanya… Kecuali masalah ngompol tiap hari…

Mendengar kata-kata bijak yang sedikit dibumbui ancaman tersebut, gw pun merasa terbangunkan dari kebodohan gw ini dan sejak saat itu, gw ga pernah lagi pusing dengan gaya rambut gw. Gw ga pernah lagi make gel, nyisir, ataupun cuci rambut (kecuali saat bulan purnama penuh malam jumat kliwon dan saat ada anjing yang menggonggong tiga kali di depan rumah gw). Yang gw lakukan adalah pergi ke tukang potong rambut tiap kali rambut gw ud agak panjang dan membiarkan tukang potong rambut yang memutuskan mau diapain rambut ini sebaiknya. Sampe akhirnya, suatu ketika, gw sadar dan merasa bahwa dipotong botak itu lebih banyak keuntungannya dibanding gaya rambut yang laen dan sejak itu, gw pun menjadi botakurian yang selalu motong rambut gw botak……….. (ceritanya gw menutup cerita latar belakang ini sambil terenyuh dan menatap ke matahari yang terbenam)

So, itulah kenapa gw memilih untuk menjalani sisa hidup gw sebagai botakurian. Lantas, apa keuntungan rambut botak yang sampe bikin gw mengambil sumpah untuk menjadi botakurian hingga sampe liang kubur? Berikut adalah beberapa keuntungan rambut botak, yang gw harap bisa memberikan pencerahan kepada kalian yang masih terikat dunia fana dan pusing memikirkan rambut kalian.

  1. Potong rambut botak bisa dilakukan diri sendiri dengan potongan rambut sederhana atau bahkan cuman dengan modal gunting, no skill required. Ini berarti kita bisa ngehemat puluhan juta rupiah ongkos gunting rambut dan menginvestasikannya untuk hal yang lebih berguna (Misalnya: beli gundam). Dan jika kalian agak takut dengan potong rambut sendiri, rambut botak butuh waktu yang lebih lama untuk tumbuh panjang dan dipotong lagi, yang juga secara langsung berarti penghematan ongkos gunting rambut.
  2. Rambut botak mengkamuflasekan fakta bahwa anda jelek. Yap, jika gaya rambut kita cangcing cihui aduhai tapi muka kita jelek, orang lain yang melihat bakal mikir klo kita jelek tak tertolong lagi. TAPI, kalo gaya rambut kita botak dan muka kita jelek, orang lain bakal mikir klo kita jelek karena rambut kita botak, bukan karena muka kita yang dari sononya jelek. Ini memberikan cewek-cewek imajinasi bahwa kita bakal ganteng saat kita menata rambut kita dan sangat membantu dalam hal mencari pacar. Ga percaya, silahkan tanya pacar gw. Doi hingga saat ini masih beranggepan klo gw bakalan ganteng klo gw mau menata rambut gw dan gw hingga saat ini selalu menolak request gw buat manjangin dan menata rambut gw. Inilah yang membuat hubungan gw dengan doi masih langgeng hingga saat ini.
  3. Rambut botak memberikan kesejukan tersendiri bagi kita yang hidup di negara tropis yang super panas dan terik.
  4. Rambut botak dapat menyembunyikan fakta bahwa anda belum mandi. Ini sangat berguna bagi mahasiswa kuliahan ataupun pegawai kantoran kaya gw yang hobi kesiangan. Dengan rambut botak, bangun tidur langsung brangkat ke kantor pun gam masalah, kecuali masalah bau badan.
  5. Rambut botak menghemat konsumsi sampo dan produk kecantikan rambut lainnya seperti hair dryer (apa yang mau dikeringin?), sisir (apa yang mau disisir?), dan gel (apa yang mau dikasih gel?).
  6. Rambut botak anti dijambak. Sangat penting bagi kalian para laki-laki nakal yang suka ngegangguin/ngisengin cewe-cewe sekelas buat caper (percayalah, ini bukan dari pengalaman pribadi gw waktu SMP en SMA).
  7. Rambut botak saat ud tumbuh sedikit panjang bakal jadi ngejprak imut-imut en jadi sangat pewe biat dipegang-pegang / diteken-teken, baik oleh diri sendiri ataupun oleh cewe2 yg lg kegemesan.
  8. Rambut botak mengeliminasi kemungkinan rambut kita kutuan dan ketombean, yang mana sangat berguna bagi mereka yang suka hidup jorok.

Yap, dan inilah mengapa gw memilih untuk melepaskan ikatan gw dengan dunia fana dan mengambil jalan kebeneran sebagai botakurian. Tentu saja, melalui postingan ini, gw berharap ada beberapa pembaca yang sadar tentang indahnya rambut botak dan mengikuti jalan gw sebagai botakurian sejati, tapi gw tidak memaksa. Para wanita dan ibu hamil tidak dianjurkan untuk mengikuti jalan hidup botakurian karena sangat menyiksa fisik dan batin. Mereka yang memiliki kelaian jantung juga diarapkan tidak mencoba trik ini karena beresiko terkena stroke.

Sekian postingan ngawur gw untuk kali ini. Wassalam.

Stepen – Duta Internasional Rambut Botak

Pos ini dipublikasikan di Curhat, Wejangan dan tag . Tandai permalink.

3 Balasan ke Tentang Gaya Rambut

  1. Ping balik: About All-Rounder Shoes and Why I Really Love Buying One | stepenautis

  2. Ping balik: About Being Bald and Why I Love Being One | stepenstependotcom

  3. Ping balik: About All-Rounder Shoes and Why I Really Love Buying One | stepenstependotcom

Tinggalkan Balasan

