Chef Stepen’s Crazy Recipe: Nutella Calorie Mate

Sebenernya, somewhere di taon 2011, dimana saat itu gw masih berusaha untuk ngeberesin studi S2 gw dan tinggal sekos dengan terroris yang baik hati dan tidak sombong, Starly Nope, sempet ada pikiran buat nulis postingan tentang resep-resep makanan sehat, hemat, dan tidak bermanfaat ala chef Stepen. Kenapa? Karena di masa-masa itu, gw begitu intens dalam memasak sendiri makanan-makanan gw dan berkreasi dengan berbagai jenis masakan, walaupun kebanyakan hasilnya adalah food fiasco (Bagi yang pernah maen Harvest Moon, tentunya tau apa yang gw maksud). Sayangnya, niat itu cuman niat belaka karena gw punya usus yang pendek. Usus yang pendek membuat gw langsung pengen pup begitu beres makan dan pup setelah makan biasanya menyapu bersih ingatan gw akan makanan yang telah gw makan. Kenapa begitu? Karena gw berprinsip: Yang berlalu, biarlah berlalu. Buat apa mengenang2 makanan yang ud di-flush. Alhasil, hingga saat ini, tidak ada satupun postingan tentang resep makanan gaul ala chef Stepen Ojongono.

Kini, gw memutuskan untuk menghidupkan kembali niat gw tersebut dan mengambil aksi nyata. Mulai saat ini, gw bakal bikin genre postingan baru yang mana di postingan ini gw bakal nge-share resep fantastis namun originil untuk memasak / membuat makanan yang murah, tidak sulit untuk dimasak, namun tetap enak, walaupun kesehatan dan kebenaran resep tersebut tidak terjamin. Dan iniliah dia, postingan pertama Chef Stepen’s Crazy Recipe: Nutella Calorie Mate.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Sebelum gw masuk ke resepnya, marilah terlebih dahulu gw ceritakan gimana latar belakang diciptakannya resep Nutella Calorie Mate ini biar postingannya panjang. Ceritanya bermula dari hari senen, tanggal 11 Agustus minggu lalu. Waktu itu, udara sepoi-sepoi dan di kantin kantor gw, entah kenapa ada event bagi-bagi makanan gratis yang ternyata adalah Calorie Mate. Tentu saja, ibarat emak-emak kurang gizi, gw pun sangat senang dan welcome dengan bagi-bagi makanan gratis, apalagi ada undian liburan ke luar negerinya juga. Jam 12 teng, gw pun langsung beranjak dari bangku gw dan langsung berburu.

Terus terang, awalnya, gw kira bagi-bagi Calorie Mate ini bakal dijatah per orangnya, kurang lebih kaya bagi-bagi sembako gratis, walaupun gw sebenernya sampe sekarang blm pernah ikutan bagi2 sembako gratis. Namun, memang pada dasarnya Jepang adalah negara high-trust society alias punya rasa percaya yang sangat tinggi bahwa orang lain adalah orang yang baik dan tahu malu, pembagian Calorie Mate ini pun tidak dijatah per orangnya. Calorie Matenya cuman ditumpuk menggunung deket kasir dan setiap orang bebas ngambil berapapun yang mereka mau asal berani malu. Kebanyakan orang mengambil 1-2 kotak dan ada beberapa yang ngambil 5 kotak. Di luar dugaan juga, ternyata ada segelintir orang Jepang yang panjang urat malunya sama kaya gw dan ngambil 1 pak (yang mana isinya adalah 20 kotak). Tak mau kalah, gw pun juga mengambil 1 pak Calorie Mate. Namun, bukan Stepen nama gw klo gw tidak memanfaatkan kesempatan yang ada sebaik-baiknya. Beres ngambil 1 pak dan naroh pak tersebut di meja makan, gw pun pergi lagi ke kasir yang lain untuk mengambil 1 pak yang lainnya. GENIUS! Gw bangga sama diri gw sendiri.

So, hari itu, gw pun dengan bangga dan punggung agak sedikit encok, pulang ke rumah dengan 40 kotak Calorie Mate. Hasil quick count gw menunjukkan bahwa dengan 40 kotak ini, gw bisa ngehemat biaya ngemil gw sampe dengan 5000 yen alias setengah juta. FANTASTIS! Sayangnya ada 2 variabel yang luput dari perhitungan gw:

  1. Calorie Mate ini dibagiin secara gratis karena kadaluarsanya ud deket, yakni 1 September mendatang,
  2. Calorie Mate ini walaupun bungkusnya berkata rasa cokelat, lidah gw tidak merasakan ada rasa coklat2nya sama sekali dari Calorie Mate. Rasanya hambar dengan sedikit bau2 coklat yang samar klo menurut gw. Singkat kata, Calorie Mate ini ga enak!!!

Oke, sebelum gw meluncur lebih jauh, gw rasa ada perlunya gw menjelaskan apa itu Calorie Mate kepada teman-teman sekalian karena setau gw barang ini ga ada di Indonesia. Calorie Mate ini adalah makanan yang disebut dengan balanced food, seperti yang tertera di kotaknya. Balanced food ini artinya Calorie Mate ini mengandung semua gizi yang dibutuhkan tubuh. Denger-denger dengan  makan 2 batang Calorie Mate (1 kotak isinya 2 batang), kita ud memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh kita untuk 1 hari. Calorie Mate ini sebenernya dibuat dengan tujuan sebagai makanan emergency. In case ada zombie apocalypse atau apocalypse lainnya dimana makanan biasa ga bisa didapat, Calorie Mate inilah yang akan digunakan sebagai makanan emergency untuk bertahan hidup sampe bantuan tiba. Selain itu, Calorie Mate ini juga long lasting food, alias bisa tahan sampe 3 taon. Jadi, sebenernya sangat cocok buat ditaroh di disaster bag dan dibiarin begitu aj.

Nah, secara Calorie Mate yang gw dapet ini ud nyaris kadaluarsa dan secara Calorie Mate ini sebenarnya masa kadaluarsanya cukup lama, which is 3 taon, gw pun jadi berpikir. Apakah rasa Calorie Mate ini memang sengaja didesain untuk tidak enak supaya ga dijadiin cemilan pada saat terjadi bencana, atau memang efek dari nyari kadaluarsa selama 3 taon?

Anyway, secara gw ud ngambil 40 kotak, gw pun merasa bertanggung jawab untuk menghabiskan Calorie Mate ini dan tidak menyianyiakannya. Banyak anak-anak di Afrika sana yang kelaparan dan gw sebagai orang yang berkelimpahan Calorie Mate, haram hukumnya untuk membuang-buang makanan, kecuali sayuran. Gw harus menghabiskan 40 kotak CAlorie Mate nista ini sebelum lewat tanggal 1 September. Hingga saat berita ini diturunkan, gw sudah menghabiskan 19 kotak (Gw jadiin popcorn buat nonton RunningMan). Masih tersisa 21 kotak. Secara seluruh RunningMan yg ud dirilis di kshownow ud beres gw tonton semua, otomatis cara ngabisin dengan nganggep Calorie Mate sebagai pengganti popcorn ini ga bisa gw lakukan lagi. Gw pun harus mencari cara lain untuk menikmati Calorie Mate yang hambar ini.

Untunglah gw terlahir dengan otak Genius walaupun lobang idung gede sebelah. Setelah berdoa dan bertapa, gw pun mendapatkan pencerahan dan menciptakan resep baru yang super fantastis yang memakai Calorie Mate sebagai bahan dasarnya. Dengan ini, gw bisa menghabiskan 21 kotak Calorie Mate gw yang tersisa dengan penuh kenikmatan. Tentu saja, karena resep ini sangat mudah untuk dibuat dan juga murah (asumsi lo dapet Calorie Mate-nya gratisan dan di rumah ada Nutella nganggur), gw akan nge-share resep ini lewat postingan ini, supaya  bisa bermanfaat bagi mereka yang saat ini ngekos dan nunggu duid bulanan yang tak kunjung datang. Here goes the recipe:

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Bahan masakan (porsi 1 orang dijamin minta tambah):

  • Calorie Mate (1 batang)
  • Nutella atau selai coklat lainnya yang masih full atau penuh, tapi dianjurkan sih Nutella soalnya gw sukanya Nutella (secukupnya)
  • Rasa antusias yang sangat tinggi (sebanyak-banyaknya)

Peralatan masak:

  • Microwave
  • Blender
  • Kompor Gas Siap Pakai

Cara Memasak:

  1. Buka topless Nutellanya klo belum dibuka, buka plastik penutupnya klo belum dibuka, dan dekatkan hidung anda ke mulut topless. Nikmati aroma fantastis coklat Nutella sampai paru-paru anda basah.
  2. Buka kotak Calorie Mate klo belum dibuka, keluarkan satu batang Calorie Mate klo belum dikeluarin, dan ga usa nyium2 CAlorie Mate-nya. Ga ada baunya.
  3. Pegang batangan Calorie Mate tersebut seperti gambar di bawah ini.OLYMPUS DIGITAL CAMERA
  4. Benamkan tegak lurus 90 derajat dengan toleransi kemiringan 1 sampai 2 derajat seperti gambar di bawah ini.OLYMPUS DIGITAL CAMERA
  5. Angkat dan gantung di tali jemuran saksikan batang CAlorie Mate hambar anda berubah menjadi batang kenikmatan.OLYMPUS DIGITAL CAMERAOLYMPUS DIGITAL CAMERA
  6. Lakukan berulang kali sampai anda puas dan mabuk Nutella.

Well, demikianlah resep fantastis dari Chef Stepen Ojongono dengan back story yang jauh lebih panjang daripada resepnya sendiri. Gw ga tau apakah Calorie Mate ada dijual atau tidak di Indonesia, jadi gw ga tau apakah resep ini bisa dibikin di Indonesia, tapi just in case aj tiba-tiba ada bagi-bagi CAlorie Mate gratis lagi, ga perlu bingung mau diapain Calorie Mate-nya. Yuk, mari…

Chef Stepen Ojongono

Pos ini dipublikasikan di Chef Stepen's Crazy Recipe dan tag , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Chef Stepen’s Crazy Recipe: Nutella Calorie Mate

  1. edreaMJ berkata:

    calorie mate itu apa?

  2. Asni berkata:

    trus peralatan masak nya buat apa??? hahahaha

Tinggalkan Balasan

