Stepen Goes To China 02 – The Food Certification

Oke, ud hampir 3 bulan semenjak gw pergi ke China dan tidak satupun postingan tentang China gw kerjakan hingga saat ini. So, supaya ga keburu lupa (walaupun sebenernya ud cukup lupa), here I am, fulfilling my promise about my adventure in my ancestor’s land. Enjoy…

Yang paling gw seneng dari China adalah makanannya. Yup, dibandingin sama makanan Jepang yang pada umumnya hambar dan ga ada rasanya, makanan-makanan di China ini rasanya lumayan kuat dan porsinya, ehem, porsi abang becak, jangankan nambah, pesen setengah aj belon tentu abis. Selain itu, suasana tempat makannya juga mirip sama suasana tempat makan Indonesia: ruko-ruko kecil atau gerobak2 di pinggir jalan dengan meja dan kursi yang berantakan dan tingkat higienitas yang diragukan. Pokoknya, berasa kaya di Indonesia, despite the fact that it was around 2deg Celcius there and a hot boiling ramen soup goes cold in like a few minutes. Walaupun begitu, ada satu bagian yang menarik yang membedakan China dengan Indonesia.

KIMG0034

Di hampir semua restoran (restorankah, warungkah, tempat makan ga resmikah, pokoknya tempat makanlah) yang gw kunjungi, gw menemukan semacam sertifikat yang dipigura dan terpampang di dinding restorannya. Yup, jadi sertifikat ini adalah semacam sertifikat yang menandakan tingkat keamanan atau higienitas atau kualitas dari makanan yang dijual di restoran tersebut. Ada tiga grade yang tersedia: A, B, atau C, masing-masing dengan smiley yang berbeda yang menggambarkan prediksi wajah orang setelah makan di tempat makan tersebut. Yang grade C, smileynya kaya agak mual sedikit dan kanji adalah ippan alias general. Gw ga tau gimana penilaiannya, yang pasti ini adalah grade yg terendah which means that tempat makan yg punya sertifikat ini lulus dengan nilai pas2an atau malah pake remedial (secara isu UN lagi hot sekarang, haha). Yang grade B, smileynya biasa aj tapi kanjinya gw ga bisa baca, tapi gw yakin ini menandakan bahwa restorannya lebih baik dari restoran yang grade C. Yang terakhir, grade A dengan smiley yg menawan dan kanji yg juga gw ga bisa baca.

Yang menarik di sini adalah gw merasa bahwa kayanya standar penilaian buat ngedapetin sertifikat ini bener2 susah. Kenapa? Karena setiap kali gw makan di warung2, warungnya selalu grade C atau ga majang sertifikat tersebut di dinding restoran mereka, which can mean 3 things: entah mereka dapet nilai bagus tapi ga mau pamer (kaya gw semasa SD), atau mereka dapet nilai jelek tapi malu jadinya ga mau nunjukkin (kaya gw semasa SMP/SMA), atau karena memang ga lulus (kaya gw semasa kerja di sini). Bahkan, restoran di hotel gw, yg mana menurut gw yg terbiasa menggantungkan hidup dari makanan diskonan di Seiyu atau hibahan dari temen2 muslim gw yg ga sengaja salah beli makanan yg mengandung b2, cuman dapet grade B. Yap, padahal everythings looks fine to me in there, bersih dan makanannya enak, cuman sayang playlist di sana isinya cuman 3 lagu dan tiap breakfast gw harus mendengarkan 3 lagu mandarin yg sama diputar berulang2 selama 2 minggu (curcol). Mungkin ini juga salah satu faktor yang menyebabkan restoran hotel tersebut cuman dapet grade B.

Yang lebih lebih (sengaja dipake 2x, biar lebih ngegigit) mengejutkan lagi, selama gw di sana, gw hanya menemukan 1 tempat makan yang dapet grade A. Yup, hanya satu, padahal tempat-tempat makan yang gw kunjungin buat makan malem bisa dibilang cukup bonafid, namun cuman satu tempat makanan yang menyandang gelar kehormatan grade A. Restoran apakah itu? Penasaran? Scroll ke bawah untuk lebih tau.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

Sedikit lagi sampe, jangan menyerah!

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

KFC_Logo

Yup, ini bukan promosi atau akal2an gw biar mak gw ngijinin gw makan KFC, tapi beneran, cuman KFC yang dapet grade A. Of all restaurants, it is KFC. Ternyata cuman kolonel Sanders yang mampu lulus dari standar kelayakan atau apapunlah itu dengan grade A. Padahal, pas gw ke sana, mbak-mbaknya kurang jelita dan kurang ramah. Belon lagi, mereka bener2 ga bisa bahasa Inggris, sampe gw terpaksa kudu pake body language buat mesen makanannya. Walaupun begitu, KFC tetap mendapatkan grade A. Ini berarti, dari segi higienitas dan/atau kelezatan, KFC sangat amat unggul. Fantastis! Emang ga salah selera gw selama ini. Gw pun langsung nelpon mak gw untuk memberitakan kabar gembira ke emak gw ini.

Okay, aside from the fact that KFC is still the best (bukan promosi), I do really feel that papan sertifikasi ini bener2 konsep yang cukup ciamik buat diterapkan ke Indonesia. Well, mungkin ga perlu buat semua restoran, tapi lebih ke restoran2 yang kaya di ruko2 yang dikelola keluarga dan semacamnya. This way, at least saat gw iseng nyoba tempat makan baru, ud ada jaminan dari pihak yang berwenang klo tempat tersebut lulus standar kebersihan, walaupun mungkin urusan sertifikasi ini mungkin ujung2nya bisa dijadiin ajang buat ‘cari duid’ tambahan dan nyusahin sang pemilik restoran.

Anyway, that’s all for my second post tentang petualangan gw di China. Gw sadar bahwa gw di postingan ini dengan terang2an nyebut merek dan masang logonya, jadi, supaya ga dituntut atau jadi masalah, gw perlu bikin disclaimer. Gw tidak ada hubungannya apa2 dengan KFC in anyway dan apa yang gw tulis di sini bukanlah atas dasar karena gw dibayar KFC, walaupun sebenernya gw ga nolak sih klo mau dikasih duid. Dan, gw juga pengen mengucapkan terima kasih atas kesabaran kalian ngescroll ke bawah sampe cape demi ngebaca postingan fantastis ini. Gw tidak menyangka kalian semua se-kurangkerjaan itu. So, that’s all for today. Time for my beauty sleep.

Stepen – bukan agen KFC

Pos ini dipublikasikan di Cerita Petualangan Liar Saya dan tag , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Stepen Goes To China 02 – The Food Certification

  1. Ping balik: Stepen Goes To China – The Epic Intro | stepenstependotcom

Tinggalkan Balasan

